Amazing Journey of Lampung – Part 1

Lampung, sebuah provinsi yg terletak di bagian selatan pulau Sumatera.. Dengan segala panoramanya membuat saya tertarik untuk kembali mengunjungi tempat yang indah ini.

Ide perjalanan kali ini bermula dari ajakan ibu saya yang ingin mengunjungi kakak yang bertugas di Lampung, tepat nya di Tanjung karang, Bandar Lampung. Setelah berdiskusi, akhirnya diputuskan ibu saya naik bis, sedangkan saya mengendarai si serigala besi, Pulsar 220 . (kalo boncengan berat bro kasihan nanti capek..)

2 hari sebelum perjalanan, saya dan beberapa rekan se club bertamu ke kediaman bro gepe (paketu Pulsar Independent Cikarang), yg berada di desa tanjung sari, cikarang utara, yg sedang mendapat kunjungan dari bro Bryan dari club Point Depok. Disitu pula saya sampaikan niat saya untuk melakukan perjalanan, dan mengajak rekan2 untuk ikut. Karena ajakan yg mendadak, rekan2 tidak dapat untuk menemani perjalanan kali ini. (aku cyedih..hiks..hiks)

Oiya, disitu saya sempatkan pula untuk servis ringan, ganti oli, dan menambah air aki, untuk mengurangi resiko trouble di perjalanan nanti. Kebetulan bengkel yg letaknya di depan rumah bro gepe masih buka walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 22.00.

Kamis, 26 Desember 2013

Pukul 01.00 WIB, setelah dirasa cukup siap, saya mulai memacu kendaraan saya dari rumah saya yang berada di Bekasi Timur. Perjalanan malam saya pilih untuk menghindari macet di jakarta, tanggerang, dan kota serang, Banten. Sekaligus untuk menghindari perjalanan malam dari pelabuhan bakauheni menuju bandar lampung (if you know what i mean)

Setelah 45 menit berkendara, saya parkir dan beristirahat di depan monas.

Setelah menghabiskan sebatang rokok dan minum proman (bukan iklan), saya mulai perjalanan kembali dengan mengambil rute jalan daan mogot. Di sekitar jln daan mogot sampai kali deres terdapat perbaikan jalan sehingga saya harus memacu kendaraan saya lebih hati-hati.

Pukul 03.45, mata saya mulai mengantuk dan dinginnya angin malam terasa mulai masuk ke dalam jiwa dan raga (apa sih..), sehingga saya putuskan untuk beristirahat dan memesan kopi di sebuah warung yg terletak di depan pom bensin di jl. raya serang.

Setelah selama 30 menit beristirahat, saya lanjutkan kembali perjalanan menuju pelabuhan merak.

Pukul 05.30, saya sudah berada di tempat pembelian tiket kapal ferry.
Dengan membayar tiket seharga Rp 39.000,- lalu saya memarkirkan si Pzzo di dalam kapal.
Setelah memastikan posisi parkirnya cukup aman, saya naik menuju geladak kapal dan bertemu serta diajak bergabung dengan beberapa rider yg berasal dari beberapa komunitas motor di Lampung.

Selama perjalanan kapal kami mengobrol dan kehangatan ini membuat waktu terasa cepat, sehingga tidak terasa kapal sudah berada di dekat pelabuhan bakauheni.

Tak lupa saya sempatkan mengambil beberapa foto dengan kamera yang ada di hp saya.

Sampailah saya di pelabuhan bakauheni pukul 07.30 dan memulai perjalanan kembali dengan menunggangi srigala besi saya bersama teman2 komunitas motor lampung. Jalan yang berlubang serta banyaknya truk-truk besar yang lewat sudah jadi hal yang biasa jika kita berkendara di jalan menuju bandar lampung ini.
Setelah 1 jam perjalanan, kami berhenti di sebuah pom bensin di daerah Kalianda, karena ban dari salah satu rider bermasalah sehingga perlu untuk di basahi. Kesempatan ini kami gunakan pula untuk beristirahat.

Karena kondisi cuaca mulai mendung, kami pacu kendaraan kami lebih cepat. Sampai di persimpangan menuju rajabasa kami berpisah dan saling berpamitan, karena jalur yg harus kami lalui berbeda.. (tararengkyu brader.. I Heart You!)

Sekitar 15 menit berkendara, sampai lah saya di rumah kakak pada pukul 09.30.
Setelah makan dan mengobrol dengan kakak, saya putuskan untuk istirahat dan menyiapkan tenaga untuk perjalanan besok, menuju Taman Nasional Way Kambas (TNWK).